Tips belajar usaha digital printing dengan dana dan modal terbatas

Oleh: Suheri


Bisnis Digital Printing
Mungkin banyak orang yang ingin memulai untuk membuka bisnis digital printing. Namun dengan terkendala modal belum berani mengawali melangkah untuk mewujudkannya. 

Untuk usaha digital printing ini bisa jadi membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tergantung di mana anda akan membidik pasar tersebut. Bisnis digital printing ini membutuhkan peralatan yang tidak murah. Katakanlah mesin outdoor baru saja harganya bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran, tergantung merek dan spesifikasinya. Namun anda tidak perlu khawatir, niat yang anda miliki bisa menjadi modal dasar untuk terjun dalam bisnis digital printing ini.

 Bila anda memiliki modal yang besar dan memiliki pangsa pasarnya, tentu bisa segera memulainya dan akan mudah untuk balik modal. Namun banyak orang yang memiliki modal terbatas dan punya kemauan untuk terjun di dalam bisnis ini. 


Untuk yang hobi menggambar komputer dengan aplikasi software desain semacam Corelldraw ataupun Adobe Photoshop merupakan nilai lebih untuk mengawali usaha digital printing ini.
Bila anda memang akan menekuni usaha ini pasti akan berkenalan juga dengan software-software tersebut. Software yang saya sebutkan di atas adalah sebagian dari software pengolah gambar yang umumnya dipakai dimasyarakat.


Dengan modal yang terbatas pada awalnya anda tidak harus membeli dulu alat-alat yang mahal. Anda bisa menginvestasikannya disesuaikan dengan modal awal yang anda punya. Solusinya anda bisa jadi makelar untuk bisnis tersebut.


Kalau belum punya tempat yang strategis dirumahpun anda sudah bisa memulainya. Sukur-sukur anda punya tempat khusus diruang keramaian seperti ruko untuk memulai usaha digital printing tersebut.
Bila anda memulai bisnis anda dirumah, saya sarankan diawal usaha ini anda harus rajin berpromosi.
Iya promosi, promosi dan terus promosi perlu anda lakukan, agar anda segera mendapat pelanggan. Kecuali yang sebelumnya sudah ada pelanggan lebih dahulu akan beda cerita lagi.


Bila perlu anda sebar brosur, kasih kartu nama dan pasang banner di depan tempat yang dijadikan usaha anda. Hal tersebut juga akan membantu usaha anda. Anda bisa mulai belajar desain dari membaca buku, belajar dari internet seperti youtube atau membeli cd pembelajarannya yang banyak dijual-jual. Bila anda belum punya karyawan untuk desain anda bisa menghandle sendiri pekerjaan desain tersebut.


Agar lebih dikenali Anda bisa memulai dengan menerima order yang sanggup anda kerjakan dahulu, sebagaimana print foto, cetak spanduk mmt, brosur atau pembuatan kartu nama. lambat laun usaha anda akan lebih dikenal oleh masyarakat, seiring dengan itu kemampuan dan insting bisnis anda akan meningkat.