Tips Mengganti Tinta Pada Mesin Digital Printing



Ditulis Oleh: Suheri 

Tinta Digital Printing

Pengisian tinta dengan merek bukan dari pabrikan sudah lazim dilakukan oleh pengusaha digital print di indonesia. Mengingat tinta bukan keluaran pabrikan bisa berpengaruh ke printhead kita maka kita pun seyogyanya agar berhati-hati dalam mengganti merek tinta.

Meminimalisir tinta tidak cocok pada printhead saya akan berikan tips bagi anda, tips ini juga bukan rumus baku karena banyak faktor yang harus diperhatikan dalam penggantian dan penggunaaan tinta

Untuk awalnya anda harus memperhatikan kualitas tinta tersebut, warna dan kadar kekeruhannya. Sekiranya tinta yang dipakai terdapat kotoran saya sarankan untuk mengurungkan niat anda untuk mengganti tinta tersebut, jaga agar tinta tersebut tidak kemasukan kotoran atau debu-debu saat anda membuka tutupnya. Sebelum tinta anda naik ke mesin, saya sarankan anda untuk menguras selang-selang, filter dan ink tank pada mesin. Tujuannya agar nanti saat setelah penggantian selang-selang yang dilalui tinta tersebut sudah bersih semua. Hati-hati dengan bagian-bagian yang peka terhadap sollution seperti seal-seal yang mudah rusak karena tidak tahan dengan cairan sollution. Kalau sekiranya tinta anda tidak cocok dengan printhead, lebih baik jangan dipaksakan untuk menggunakannya demi menjaga printhead tetap awet.