Menilik perkembangan usaha digital printing.



Menilik perkembangan usaha digital printing.
Ditulis Oleh: Suheri

Tingginya kebutuhan promosi iklan yang ada sekarang ini membuat para pengusaha pintar-pintar cari jalan keluar untuk mengatasinya. Mengingat semua biaya juga naik mengikuti dengan  kenaikan kurs dolar.
Kala itu digital printing yang makin populer dan ramai tampil sebagai solusinya.
Mengingat teknologi digital printing tidak terbatas hanya mencetak spanduk atau brosur saja.


Perkembangan Bisnis

Banyak sekali yang berkecimpung di usaha digital printing ini guna melakukan pelayanan publikasi sebagai contohnya seperti perusahaan advertising yang  terus berkembang sampai saat ini. Bisa jadi usaha tersebut yang paling sering berkecimpung langsung dan tahu akan dalam-dalamnya serta seluk beluk usaha digit al printing.



Sementara mengenai pembuatan media iklannya biasanya ditangani atau dikerjakan oleh percetakan yang memiliki mesin digital printing sendiri.


Karena kualitas cetakan yang bagus dan nilai lebih lainnya bisa jadi lebih cepat, maka sudah jelas kalau customer lebih cenderung memilih ke digital printing.



Dulu, harga mesin digital printing masih mahal dan jarang yang memilikinya, pangsa pasarnyapun belum seluas sekarang ini dan keberadaannya kebanyakan hanya ada dikota-kota besar saja. Dengan kurs dolar seperti sekarang ini, setidak-tidaknya untuk membeli mesin digital printing sedikitnya mesti mengeluarakan dana ratusan juta.


Sudah terbukti, bila digital printing mampu melayani kebutuhan dan tuntutan dunia periklanan di indonesia. mereka maunya hasil cetakan tersebut bisa ditunggu saat itu juga. Semua kustomer pengennya instant dan cepat.


Akhirnya produsen, advertising, event organizer dll banyak yang beralih menggunakan teknologi digital printing tersebut. Sedikit demi sedikit usaha screen printing mau tidak mau beralih ke digital printing untuk mengikuti perkembangan yang terjadi. Bisnis selalu naik, makin banyak pengusaha yang membeli mesin digital printing ini untuk meraup keuntungan di dunia digital printing ini.


Disisi lain percetakan konvensional kalah cepat dalam layanan, mereka tak mampu melayani konsumen yang  ingin lebih cepat dalam pengerjaanya. Tak hanya satu layanan namun bisa beberapa obyek cetak yang mampu dikerjakannya sekaligus.
Para pengusaha berharap wirausahawan terus tumbuh dengan terbentuknya peluang bisnis digital printing ini. Banyak produk yang bisa dihasilkan oleh mesin digital printing ini.