Usaha digital printing dirumah?




Ditulis Oleh: Suheri


Usaha digital printing tidak harus menyediakan tempat yang luas dan besar. Usaha digital printing bisa dimulai dari rumah. Dan telah banyak serta masih ada beberapa teman saya yang eksis usaha di dunia digital printing ini awalnya dimulai dari rumah.

Ada beberapa vendor yang menawarkan peralatan digital printing dengan harga yang lebih terjangkau. Kamu bisa lebih bijak dalam memilih vendor  mana yang menawarkan barang yang lebih bagus dengan harga yang terjangkau.

Media Printing Digital Printing



Sudah bertahun tahun bisnis digital printing ini populer dan menjadi bisnis yang banyak dipilih oleh para pengusaha, sekarang ini pengusaha digital printing ini telah merata disemua kota, Pengetahuan mengenai apa saja jenis usaha digital printing ini menjadi syarat dan modal utama bila kamu akan menjalani peluang usaha digital printing rumahan.

Usaha cutting stiker, desain, cetak pamflet, banner, kartu nama, cetak kaos dan mug serta usaha studio foto kecil-kecilan bisa menjadi pilihan alternatif yang dapat untuk kamu lakukan.
Untuk peralatannya sendiri tergantung berapa modal dan jenis yang mana yang kamu pilih.


Untuk memulai usaha digital printing rumahan sebagai pemula bisa menggunakan rumah kita sendiri dulu. Sebaiknya kamu memiliki komputer atau laptop, printer warna, kalau punya modal lebih bisa ditambah dengan mesin cetak seperti mesin cetak toko, bila dana mencukupi kamu bisa membeli mesin digital printing HPZ5400 dari PT.Artha Inti Lestari.

Keunggulan mesin digital printing HP Z5400 ini yaitu cocok sekali untuk kamu yang ingin membidik dunia fotografi/studio foto, karena hasil dari printer jenis ini sangat-sangat halus sekali. menggunakan jenis tinta pigment yang ramah lingkungan. Keluaran tintanya sangat irit sekali, daya listrik rendah, bisa mencetak diberbagi jenis substrate pengoperasiannya sangat mudah, disupport oleh teknisi yang profesional dan pengalaman serta harganya mesin yang terjangkau kamu bisa kontak saya untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang keunggulan mesin HPZ5400 ini.

Untuk usaha digital printing outdoor kamu bisa pilih jenis printer dengan tipe solvent atau tipe ecosolvent (ada sebagian yang menyebut briliian solvent).
Hal lainnya yang perlu kamu pelajari adalah karakter dan kemauan pelanggan.
Mulai dari orang kantoran, mahasiswa/pelajar bisa menjadi target market kamu dalam menjalankan usaha digital printing ini. 

Kamu mesti jeli, saya kasih contoh bila kamu akan memulai usaha digital printing ini didekat kantor, kamu harus mulai menangkap peluang apa saja yang dapat ditangkap dan dikerjakan dengan mesin digital printing yang kita miliki. Mungkin nota, kartu nama, brosur, banner dan lain sebagainya. Bila kamu berdekatan dengan tempat wisata mungkin kamu bisa melihat peluang bisnis merchandise yang bisa dikerjakan seperti pengerjaan cetak mug, cetak piring, cetak alat tulis semacam bolpoint, print kaos, print topi dsb.

Akan lebih baik jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang desain grafis sehingga tidak perlu menyewa karyawan. Hal tersebut bisa kamu lakukan dulu bila di awal-awal untuk usaha digital printing rumahan ini baru memiliki modal yang terbatas.
Kamu juga bisa menggandeng rekanan baik teman atau saudara yang memiliki kemampuan dalam bidang desain grafis untuk bisa diajak kerja sama. Sistem yang kamu tawarkan, kamu bisa tawarkan sistem freelance bila kamu sedang ada pekerjaan desain, selain itu kamu bisa lebih fokus ke hal yang lain seperti marketing atau produksi.
Lewat media cetak atau media elektronik seperti radio kamu bisa lakukan pemasarannya. Konseplah iklan dengan matang dan menjual sehingga orang akan memahami bila kamu kamu menjual produk-produk digital printing yang memang berkualitas. Selain itu kamu bisa juga buat selebaran atau brosur untuk dibagi ke orang-orang, carilah tempat-tempat yang strategis dan ramai orang lalu lalang bila kamu hendak menempel iklan agar lebih banyak target yang bisa kamu sasar. 

Tempat kerja kamu juga bisa disulap menjadi tempat promosi dengan menaruh contoh produk kita. Buat tempat kerja kita senyaman mungkin, sehingga pelanggan akan betah bila memang harus menunggu hasil pekerjaan kita. Desain ruang kerja seindah  mungkin, masukan unsur seni sehingga bisa mencerminkan usaha kita.

Bangun team yang solid bila kamu sudah memiliki karyawan. Sehingga bisa merasa saling memiliki usaha tersebut.
bila usaha kamu sudah semakin berkembang, kamu mulai diharuskan untuk mulai memikirkan menambahkan peralatan guna meningkatkan produk yang kamu hasilkan.
Selalu update peralatan dan produk-produk digital printing terbaru.

Langkah menjadi pengusaha digital priniting.

Pada dasarnya untuk memulai usaha digital printing ini tekad dan kemauan menjadi modal usaha dalam berbisnis digital printing ini. Lebih bagus lagi bila ditambah dengan dana yang mencukupi maka kamu bisa segera mempersiapkan untuk memulai usaha ini.

Oleh karena itu saya berikan tips-tips langkah memulai menjadi pengusaha digital printing yang saya rangkum dari beberapa sumber.
Akan lebih baik lagi bila kamu memiliki modal yang lebih untuk membangun atau menyewa tempat  untuk dipergunakan sebagai tempat usaha di bisnis digital printing ini.

Mengingat mesin digital printing untuk cetak MMT itu berukuran besar,panjangnya bisa sampai 5 meter sendiri, tentu disini kamu diharuskan mempersiapkan tempat dan ruangan yang memadai serta ditata dengan rapi agar dalam bekerja kamu akan merasa nyaman.

Usahakan bila memang ruangan setting/desain atau ruangan administrasi sebaiknya tidak berdampingan dengan ruangan mesin digital printing supaya bau solvent tidak mengganggu  divisi yang lain.

Bila kamu mampu menyediakan mesin digital printing mmt itu lebih baik, namun bila memang modal yang kamu miliki belum mencukupi kamu bisa siasati dengan menyediakan jenis mesin yang lainnya dulu. Seperti mesin print foto, mesin offset, mesin cetak mugs, mesin cutting stiker atau mesin printing kaos (DTG). Seringkali para distributor mesin-mesin digital printing tersebut mengadakan pameran, dan kamu dapat bertanya sehingga akan memperoleh informasi dari para distributor tersebut. Bila kamu akan membeli mesin untuk produksi dengan harga yang lumayan mahal, kamu bisa menjalin kerjasama dengan pihak leasing yang ditunjuk oleh distributor.

Setelah kamu memiliki mesin digital printing MMT/Spanduk/Baliho. Kamu harus mulai mencari suplier untuk bahan, tinta, spare part dan lain-lain. Namun biasanya para distributor memiliki kenalan atau rekanan dari produk-produk tersebut.
Kamu sebaiknya mencari karyawan untuk menjadi operator mesin tersebut, idealnya calon karyawan yang akan mengoperasikan mesin tersebut memiliki kemampuan dalam software desain seperti adobe illustrator, adobe photoshop, macromedia freehand atau corelldraw sendiri. Kamu mencari karyawan juga untuk front office, administrasi, keuangan, finishing dan lain sebagainya. Selanjutnya kamu tinggal promosi. Promosi bisa lakukan lewat layanan directory bisnis,lewat media masa, brosur, internet dan lain sebagainya. Kamu bisa memberikan potongan harga, free revisi desain atau lain-lain untuk menarik pelanggan kamu nantinya.

Dengan membuka usaha digital printing ini, tentu kamu juga bisa disertakan usaha yang lain sebagaimana usaha desain grafis, offset, cetak kaos, cetak mug dan lain sebagainya.

Demikian beberapa trik untuk melangkah menjadi pengusaha digital printing. Semoga dapat membantu kamu yang memang memiliki niat menjadi pengusaha digital printing.