DTG Printer untuk sablon kaos digital



Ditulis Oleh: Suheri 
 
Sablon kaos atau T-shirt

Perbedaan sablon kaos konvensional dengan menggunakan mesin digital printing (Direct to Garment/DTG)  salah satunya yaitu, dari segi jumlah dan kecepatan waktunya. Bila menggunakan sablon kaos konvensional biasanya tidak melayani order satuan, namun tidak begitu dengan digital printing, digital printing  order satu saja juga akan dilayani. Karena bila kita pesan kaos sablon konvensional proses pengerjaannya memerlukan tahapan yang tidak sedikit selain itu proses pengerjaannya pun sparasi perwarna, untuk hasilnya kurang bisa mengejar warna kulit namun kelebihannya untuk warna-warna blok yang kuat, sampai saat ini sablon kaos konvensional belum bisa terkalahkan. Pesanan kaos menggunakan digital printing bisa dikerjakan persatuan dan setiap kaos pun  bisa dicetak dengan desain yang berbeda-beda pula. Untuk warna kulit lebih mendekati, namun   kekurangannya untuk warna-warna blok belum bisa menyamai sablon kaos konvensional.

Printer Cetak Kaos DTG


Ada beberapa teknik pada sablon kaos dengan menggunakan digital printing, pelanggan bisa membawa desain sendiri dari rumah. Dalam proses cetak kaos dengan menggunakan teknik digital printing ini ada yang langsung cetak di kaos, namun ada pula yang melalui print di kertas transfer paper dulu, baru dilanjutkan dengan di press dengan suhu dan waktu yang sudah ditentukan. Pelanggan bisa membayar biaya cetaknya saja dengan membawa sendiri kaosnya, ataupun bisa sekalian beli kaosnya ditempat.
Mengenai alat yang diperlukan dalam menjalankan usaha cetak kaos ini seperti:
Satu set komputer dengan terinstall software desain seperti, adobe photoshop, corelldraw, adobe illustrator atau macromedia freehand. Saran saya perbanyak  koleksi template desain kaos dan anda tambahkan beberapa jenis font yang menarik.
Mesin print kaos ataupun mesin print biasa (tergantung anda akan memakai teknik print dikaos langsung atau melalui media transfer paper terlebih dahulu.
Perlu dimengerti bila tinta yang digunakan tidaklah sama jenisnya dengan dye base untuk print kaos sendiri jenis tintanya menggunakan tinta sublim. bila mengunakan kertas transfer masih di perlukan proses press sebelum kaost tersebut digunakan.