Mengenal Mesin Digital Printing

Ditulis Oleh: Suheri

Mencetak gambar pada media langsung dari komputer dengan ukuran yang besar sekali adalah adalah salah satu teknologi POD (Print on Demand) pada industri Large Format Digital Printing.

Percetakan digital printing tidak terbatas hanya pada media flexi banner saja, namun sudah menjadi lazimnya bagi masyarakat umum kl mesin digital printing adalah mesin banner. Sekarang ini mesin digital printing untuk yang banner sudah ada yang bisa mencetak dengan lebar area lima meter, bahkan sudah ada printer dengan type UV Flat Bed yang bisa untuk print beragam media baik tipis atau tebal bisa sampai 100 mm, media dengan karakter lembut seperti acrilic kaca, kayu maupun keramik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saat ini mesin digital printing outdoor memang telah memiliki ketahanan dan kualitas cetak/resolusi yang tinggi dengan teknologi printhead yang bahkan bisa menghasilkan titik sampai 6pl dengan biaya produksi yang lebih rendah dibanding mesin indoor.

Tanpa melalui media plat atau film seperti offset (contoh: cetak brosur) atau sablon (contoh: cetak umbul-umbul atau baliho, mesin digital printing dapat langsung mengirimkan gambar/teks dari komputer langsung ke media cetak.

Dalam hal ini hasil cetakan yang halus memang masih dimenangkan oleh mesin digital printing indoor walaupun saat pertama kali mesin ini muncul lebih cenderung dipergunakan untuk aplikasi dalam ruangan seperti xbanner, photopaper, kanvas karena dari jenis tintanya saat itu hasil printingnya masih perlu dilaminating lagi sehingga harus ada biaya tambahan untuk mengerjakan laminatingnya tersebut. Namun makin kesini mesin indoor ini telah makin canggih, dengan semakin banyaknya jenis tinta sehingga hasil print yang dicetaknya sudah tidak perlu di laminating lagi. Saat itu mesin outdoor masih menjadi primadona untuk hasil cetak yang lebih awet dan tahan lama dari dari segala kondisi cuaca untuk mendapatkan hasil cetak yang akan di pasang di luar ruangan.

Oleh karena itu para produsen mesin digital printing berlomba-lomba menciptakan mesin digital printing yang dapat menjembatani hal tersebut. Untuk mendapatkan mesin digital printing yang memiliki hasil print yang lebih ramah lingkungan, hasil cetak yang jelas dan halus serta dengan biaya cetak yang lebih rendah dari mesin outdoor maka ecosolvent telah menjadi jawabannya.

Demikian yang dapat teknisidigitalprintingsemarang.blogspot.com sampaikan, bila ada kekurangan saya mohon maaf dan sudilah kiranya memberikan saran dengan mengisi kolom komentar di blog ini guna pengembangan kedepannya.

Bila anda seorang distributor mesin, dan produk anda mau dibuat review silahkan kontak saya saja.