Ketahui apa yang perlu untuk memulai usaha digital printer ini

Ditulis Oleh: Suheri


Sering kali kita berpikir, apa perbedaan mesin digital printing satu dengan lainnya. Bagi seseorang yang baru mulai memutuskan untuk memulai membuka usaha ini tentu akan banyak pertanyaan, mesin manakah yang ideal untuk bisa dipergunakan untuk bisnis tersebut. Banyaknya pilihan dan jenis mesin digital printing di pasaran malah akan membuat anda semakin bingung bila anda tidak mengetahui kelebihan dan kekurangannya mesin digital printing yang akan anda beli nantinya.

apakah anda sudah cukup tahu akan target market usaha digital printing ini?
Jangan sampai mesin anda mangkrak karena tidak ada order yang datang. Atau baru sebentar dibeli namun mesin anda harus pensiun dini karena rusak.


Teknologi yang di terapkan pada mesin digital printing yang akan anda beli sangat berpengaruh pada kelangsungan usaha digital printing anda.

Kita harus peka terhadap target market kita, apa yang dituju dan apa yang butuhkan. Musim atau trendnya pun kita harus mengikuti. seperti target market untuk iklan di kendaraan, perusahaan, pemerintahan (pilkada) dsb.

Sesuaikan mesin digital printing yang anda beli dengan target market anda. Carilah mesin digital printing yang memiliki keunggulan sehingga dapat menangani kerjaan/jobs dari para customer atau pelanggan nantinya. Tentunya setiap pasar akan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Cari tahu mitra dan pesaing usaha anda nantinya. Sebaiknya kita perlu tahu keunggulan maupun kelemahan dari pesaing anda seperti tipe mesin dan teknologinya, layanan yang diberikannya, hasil dan kualitas cetaknya dan sebagainya. Sebagaimana tentara akan berangkat berperang, tentu sudah menghitung bagaimana kekuatan lawan dan seperti apa medannya nanti kedepannya.
Dengan pengetahuan tersebut anda akan mudah mengambil keputusan untuk mencari peluang pasar yang belum tersentuh ataupun untuk anda kembangkan.

Anda mulai dengan menghitung BEP (Break Event Point) kapan sekiranya investasi anda dapat kembali, dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk meraih manisnya keuntungan di bisnis digital printing ini. Dalam hal ini kualitas yang bagus, pelayanan yang baik, waktu pelayanan yang cepat menjadi suatu keharusan dasar yang mesti anda berikan.


Kelola dan  jaga hubungan dengan mitra yang baik.

Menjadi rumus umum dalam suatu bisnis digital printing ini guna menjalin mitra yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan dalam memberikan dukungan mulai dari ketersediaan bahan baku, layanan purna jual,  ketersediaan spare part dan bila perlu penunjukan resmi sebagai distributor dari pabrik mesin tersebut. Sebagai tujuan usaha digital printing kita nantinya bisa menguntungkan, berkembang dan maju untuk kedepannya.