Mengenal fungsi dan guna media digital printing

Ditulis oleh: Suheri


Pada kesempatan kali ini saya dari teknisidigitalprintingsemarang.blogspot.co.id akan berusaha menjelaskan atau memberi gambaran tentang fungsi dan guna media digital printing, memberikan beberapa contoh aplikasi yang dapat dihasilkan dari mesin digital printing. Bila anda memiliki mesin digital printing setidaknya akan banyak produk yang dapat anda hasilkan dari mesin tersebut seperti X-banner,  hanging banner, tenda, roll banner backwall, wrapping dsb.

Tipe dan jenis media printing yang dijual dipasaran ada banyak sekali ragamnya, tentu dengan berbagai merek, harga, kualitas dan ukurannya.

Saat anda akan membuat wrapping atau akan membuat branding di mobil, anda perlu membuat car signage media stiker dapat anda aplikasikan dengan di print dahulu di mesin digital printing. Media stiker ada beberapa jenis dan kualitas, media stiker umumnya yang kita kenal ada yang matte stiker dan gloss stiker. Media stiker acapkali di padukan dengan triplek melamin untuk di tempel di dinding. Atau pernah juga teknisidigitalprintingsemarang.blogspot.co.id melihat seorang sahabat membuat neon box dengan media stiker ini.

Sementara untuk banner, umbul-umbul, spanduk billboard dan baliho media flexi banner dapat anda terapkan untuk membuatnya. Dari jenisnya sendiri media flexi ini terdiri dari flexi banner frontlite dan flexi banner backlite. Media flexi banner ini biasanya dijual dengan gramatical yang berbeda-beda.

Agar aplikasi banner nampak rapi serta tidak melengkung telah ada varian baru untuk itu, media PVC banner dapat menjadi pilihan yang baik untuk kebutuhan tersebut.

Untuk yang hobi dekorasi ruangan atau kamar dengan tema yang dikehendaki, media wallpaper dapat menjadi solusi yang tepat saat ini.

Kali ini bila anda pernah memperhatikan kaca-kaca mobil, kantor atau kaca-kaca gedung anda dapati stiker bila kita lihat dari dalam kita darisisi dalam, namun dari sisi luarnya tidak dapat melihat ke dalam, maka jenis media tersebut adalah one way stiker, stiker tersebut memiliki lubang-lubang yang kecil.

Pada umumnya untuk iklan yang ditempel pada gedung tinggi dengan menggunakan konstruksi billboard, bisa menggunakan media MESH, media mesh ini bahannya berlubang namun mirip dengan bahan flexi. Agar media tersebut tidak rusak karena angin disitulah fungsi diciptakannya lubang-lubang pada bahan tersebut.

Ada juga bahan albatros, namun albatros ini sudah jarang dipakai dan orang lebih cenderung menggunakan PVC banner, dahulu banyak di aplikasikan untuk banner.

Sementara untuk media photo orang banyak menggunakan jenis Photo paper.

Dan media banner backlite lebih banyak digunakan untuk membuat neonbox-neonbox dengan harga yang lebih ekonomis. Dibanding menggunakan bahan acrylic.

Ada banyak distributor bahan di indonesia, dan anda dapat bertanya lebih jauh mengenai media bahan ini kepada distributor bahan rekanan anda tersebut,